Friday, October 1, 2010

Senjata Densus 88 I

Senjata densus 88 dalam menghadapi aksi terorisme merupakan senjata yang sangat canggih. Seperti yang paling kita ingat adalah seperti yang terlihat pada saat penggebrekan teroris di Temanggung, yang saat itu menewaskan Noordin M Top.

Senjata Densus 88 yang paling menarik adalah jenis M4 yang juga digunakan oleh militer. Selain itu densus 88 juga dilengkapi aksesoris tambahan RIS, fron grip dan Aimpoint M2. Namun memang peralatan yang yang dimiliki belum selengkap seperti yang di luar negeri.



Selain jenis senjata maupun alat penunjang seperti tameng anti peluru atau yang lebih dikenal dengan ballistic shield.

Balistic shield atau tameng anti peluru


Beberapa jenis senjata densus 88 antara lain :

M4 Carbine, adalah versi pendek dan ringan dari senapan serbu M16. Karabin M4 memiliki 80 persen bagian yang sama dengan M16A2.

M4 memiki pilihan tembakan semi-otomatis dan burst tiga butir (sama dengan M16A2). Selain M4 ada seri lainnya yakni M4A1 yang memiliki pilihan semi-otomatis dan full-otomatis.

M4A1 juga terkadang dilengkapi laras yang lebih berat, untuk menahan panas yang dihasilkan dari menembak full-otomatis untuk waktu yang lama.

M4 dan M4A1 menggunakan peluru kaliber 5.56 x 45 mm NATO. Keduanya adalah senapan selective-fire, yang menggunakan sistem gas, air-cooled, memakai magazine box, dan mempunyai popor teleskopik. Popor ini bisa ditukar dengan popor biasa, tapi itu jarang dilakukan pada militer Amerika Serikat.

Seperti karabin pada umumnya, M4 lebih nyaman ditenteng daripada senapan laras panjang. Selain ideal untuk digunakan oleh tentara non-infanteri (seperti pengemudi kendaraan, ajudan, dan perwira staf), ini juga membuat M4 cocok untuk pertempuran jarak dekat dan operasi pasukan khusus.

Sumber : VIVAnews

No comments:

Post a Comment

Post a Comment